Hari 18: Membuat Buku Cerita (2)

Hari 18 Tantangan Klub Oase, temanya masih sama dengan hari ke 4 yaitu membuat buku cerita sendiri. Hanya saja media yang digunakan lain. Kalau di posting sebelumnya Aisya menggunakan media online untuk menulis cerita, sekarang dia mencoba membuat buku di buku gambar dia dengan tulisan tangan dan menggambar sendiri sesuai dengan cerita. Semoga bisa membaca tulisan tangannya yang berupa huruf latin atau sambung ^_^. Dia ternyata lebih menikmati membuat buku dengan menulis dan menggambar sendiri, katanya lebih enak dan gampang (padahal sebelumnya dia menolak dengan dalih susah menggambarnya, mungkin karena dia belum mencobanya :)).

Akhir-akhir ini memang dia senang menulis sampai pada suatu hari Aisya berkata “Aisya sekarang tidak mau jadi penari balet lagi, tapi jadi penulis buku saja, nanti bukunya kalau sudah jadi dijual”. Saya tersenyum mendengar impiannya sembari berkata “Iya…bagus, latihan menulis terus yah” komentarku untuk memberi semangat.  Sudah ada perkembangan dari buku sebelumnya. Alur cerita sudah ada meskipun susunan kalimatnya masih terbalik-balik. Mungkin masih rancu dengan bahasa Belanda yang biasa dia pakai kalau di sekolah. “Bravo…Aisya! moga tetap semangat menulis ya sayang”. Ini beberapa lembar cerita yang ada dalam buku gambarnya.

Buku Aisya berjudul putri-putri, dia ingin dalam satu buku itu cerita dari putri satu ke putri lainnya. Untuk bagian pertama Aisya bercerita tentang putri salju, selengkapnya bisa di baca DI SINI.

Saya penasaran juga untuk mencari beberapa tulisan yang bisa digunakan dalam membimbing anak-anak dalam menulis cerita. Saya pikir ini waktu yang bagus untuk menggali potensinya di saat dia memang sangat antusias dengan kegiatan tulis menulis ini. Akhirnya dapat juga beberapa link yang menurut saya lumayan untuk dijadikan referensi, diantaranya adalah:

1. Help Child to Write a Story

2. Making Books with Children.

3. Story starter, yaitu menggunakan semacam worksheet yang berisi satu ide cerita, kemudian membiarkan anak-anak untuk melanjutkan dan mengembangkan sendiri cerita serta gambarnya.

Sedangkan media yang bisa dipakai untuk membuat buku secara online:

1.  Tikatok

2. Write Me a Story

3. Make your own story

4. Mixbook

This entry was posted in Membuat Buku Cerita, Tantangan 30 Hari Klub Oase and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Hari 18: Membuat Buku Cerita (2)

  1. santi d says:

    Hayah … mantap! Tulisan Aisya rapi banget. Seneng baca cerita bikinannya maupun ceritanya mbak Mieek. Thanks udah berbagi ya … buat nambah2 ide nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s