Hari 8: Eksperimen Tarian Soda, Lada Kocar-Kacir dan Berburu Bilangan dalam Balon

Hari 8 Tantangan 30 hari Klub Oase adalah hari yang padat, sampai saya tidak sempat mendokumentasikan kegiatan tepat pada waktunya. Pagi-pagi anak-anak sudah meminta untuk melakukan percobaan sederhana seperti yang dilakukan teman-teman di rumah sains ilma.

Eksperimen pertama adalah Tarian Soda.

Eksperimen Tarian Soda

Pada percobaan yang ini kita kurang sukses, biji kedelai yang dimasukkan pada air minuman berkarbonasi kurang “menari” seperti yang diharapkan hehehe…., atau mungkin karena saya memakai air sprite, atau barangkali juga biji kedelai yang saya gunakan terlalu besar ukurannya (nanti saya tanyakan ke Kak Muzi yang menciptakan eksperimen ini). Menurut teorinya, biji kedelai akan bergerak naik turun di dalam air berkarbonasi, hal ini disebabkan karena banyaknya gas karbonasi mengumpul di biji kedelai sehingga membuat biji kedelai tersebut bisa naik ke atas.

Eksperimen kedua adalah Lada Kocar-Kacir. Tertarik melakukan percobaan ini setelah melihat postingan beberapa teman di FB yang melakukan hal yang sama. Kalau percobaan yang ini sukses, horeeee….:). Fenomena larinya bubuk lada ke tepi piring karena rusaknya tegangan permukaan air akibat dimasukkannya cairan sabun. Sebelumnya lada berkumpul di tengah karena adanya tegangan permukaan air ini.

Eksperimen Lada Kocar Kacir .

Kegiatan selanjutnya adalah berburu angka dalam balon. Kebetulan Aisya dan Danish abis belajar bilangan. Nah…di dalam buku panduan ada permainan yang dilakukan secara kelompok yaitu menulis bilangan pada kertas dan dilipat kecil-kecil, kemudian kertas-kertas tadi dimasukkan dalam balon, kemudian ditiup deh balonnya. Wah…semua sibuk meniup balon dari abinya, Aisya dan Danish. Umminya kebagian seksi dokumentasi, Maritza kegirangan dan melompat-melompat setiap balon selesai ditiup. Nah…kemudian tusuk balon tersebut dengan jarum dan “daaaar……!” meletuslah si balon. Anak-anak kemudian mengumpulkan kertas -kertas kecil yang bertaburan, kemudian saya akan meminta mereka mengurutkan bilangan tersebut. Aisya mendapat bagian mengurutkan bilangan dari kecil ke besar sedangkan Danish sebaliknya. Wah…seruuu sekali.

Berburu bilangan dalam balon

Setelah selesai mengurutkan bilangan masih belum selesai juga acara main-main balonnya. Abinya meminta Aisya dan Danish untuk menaruh balon di punggung mereka kemudian tangan diangkat ke atas dan berjalan menuju ruangan lain. Anak-anak tertawa terpingkal-pingkal, dan langsung bubar ketika Maritza mengambil balon di punggung mereka.

This entry was posted in Eksperimen sederhana, Tantangan 30 Hari Klub Oase and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s