Hari 5: Main Jualan (Belajar Matematika Uang)

Hari kelima Tantangan 30 hari klub oase, anak-anak bermain jualan. Aisya dan Danish kemudian mengeluarkan buku dan mainan sebagai barang yang akan dijual. Mereka sibuk menentukan harga tiap barang dan memberi label harga. Sering terjadi adu argumentasi saat menentukan harga suatu barang. Semua barang masih diberi harga bulat, misalnya 2 euro, 5 euro, 10 euro dll, mereka masih suka bingung dengan uang nominal cent, misal 5.95euro (5 euro dan 95 cent).

Mereka berdua gantian saja perannya, kadang jadi penjual kadang jadi pembeli, kalo Maritza dan umminya berperan tetap sebagai pembeli🙂. Saya akan pura-pura membeli beberapa barang, mereka akan menghitung total harga barang yang saya beli. Lalu saya akan membanyarnya, saya selalu memberi uang nominal besar dari harga barang agar mereka bisa latihan memberikan uang kembalian. Misal harga barang 5 euro saya beri 50 euro, maka mereka mulai menghitung uang kembaliannya.Dari permainan ini mereka sudah belajar tentang Matematika Uang.

Ini beberapa foto yang sempat saya abadikan selama mereka bermain.

O….iya sekalian saja berbagi di posting ini tentang kegiatan minggu lalu yang masih berhubungan dengan tema main jualan ini. Kita pergi ke Technopolis di Mechelen, Belgia. Salah satu dari banyak kegiatan yang ada di sini yaitu mencetak uang di Bank. Anak-anak mempunyai uang kertas euro yang bergambar foto mereka🙂, mau cetak sebanyak-banyaknya juga boleh hehhehe…., Aisya , Danish dan Maritzapun punya uang sekarang.

Setelah mencetak uang di bank, maka bisa dipakai untuk belanja di supermarket hehehe, mulailah mereka berbelanja sampai keranjang terisi penuh.

Setelah itu Aisya bertugas sebagai kasir, dan mengecek harga barang-barang yang dibeli Aisya dan Danish dengan cara scan barcode tiap barang.

Dan pada layar akan muncul harga barangnya seperti ini.

Akan lebih baik lagi kalau selalu dipraktekkan di kehidupan sehari-hari ketika kita belanja dengan anak-anak. Biarkan dia menyebutkan harga barang, kemudian belajar membayar di kasir sendiri dan menghitung kembalian jika memang ada. Cara lain yaitu menyebutkan harga barang pada brosur toko yang suka dibagikan ke rumah-rumah seperti ini.

Selamat bersenang-senang dengan matematika uang!

This entry was posted in Belajar Matematika Uang, Tantangan 30 Hari Klub Oase and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s