Hari 4: Membuat Buku Cerita Sendiri

Hari keempat Tantangan 30 Hari Klub Oase ini tentang kegiatan Aisya dan Danish dalam membuat buku cerita sendiri. Mereka mengerjakannya selama 4 hari dari tanggal 1 Agustus sampai hari ini.  Setelah sahur dan sholat shubuh langsung semangat duduk di depan laptop umminya untuk membuat buku. Di bulan puasa ini justru aktifitas padat di pagi hari, padahal saat membangunkan mereka untuk sahur lumayan susah,  mereka makan sambil mata setengah terpejam, tapi begitu selesai sholat shubuh langsung segar kembali.

Sebenarnya saya tidak menyangka kalau Aisya begitu bersemangat ingin membuat buku sendiri. Dia sibuk bertanya bagaimana caranya membuat buku sendiri dan dicetak benar-benar dalam bentuk buku. Ini semua gara-gara dia membaca buku “Anak-Anak Multibahasa” yang ditulis oleh mba Santi dan 8 penulis lainnya (kebetulan ummi Aisya ikutan juga). Dia antusias karena di dalam buku itu ada foto dia dan Danish🙂

Saya berpikir ekstra dimana yah kira-kira membuat buku yang bisa dicetak seperti bentuk buku pada umumnya? Akhirnya pilihan jatuh pada mixbook. Sebenarnya media ini lebih sesuai untuk membuat album foto dalam bentuk buku. Anak-anak sudah pernah memakainya saat membuat album yang berisi koleksi prakarya mereka dan sering melihat umminya membuat album foto di sini.

Ini adalah kolase foto yang saya buat hari ini, berisi dokumentasi saat mereka sedang sibuk membuat buku, memilih layout, background dan stiker untuk hiasan buku.

Selama membuat buku ini mereka sudah lebih mandiri . Saya sedikit membantu saat harus mengumpulkan foto-foto yang mereka inginkan untuk dimasukkan di dalam bukunya. Mereka memakai template yang sudah jadi dan memodifikasinya sedikit. Rupanya Aisya dan Danish suka memperhatikan kalau umminya sedang membuat scrapbook di sini:).

Walaupun masih banyak yang kurang berhubungan antara cerita dan gambar/foto di dalam buku mereka tetapi itu tidak masalah. Semua ini adalah proses belajar mereka. Sebelumnya saya mengusulkan agar mereka menggambar sendiri dengan pensil atau krayon saja agar lebih leluasa berimajinasi dan sesuai dengan cerita yang ada, tapi keduanya menolak, susah katanya ^_^.

Hasil karya mereka bisa dibaca di link bawah ini,

1. Buku Aisya berjudul Putri Aisya.

2. Buku Danish judulnya Robot.

Kita bisa mencetaknya seperti bentuk buku atau majalah tapi harus order di website ini, setelah saya lihat harganya lumayan mahal juga ditambah ongkos kirim ke Belgia. Whuaaa……akhirnya cari jalan keluar dengan  pencet tombol Ctrl+PrintScreen untuk tiap halaman lalu saya print sendiri. Anak-anak senang luar biasa bisa membuat buku sendiri hehehhe…..

Ada satu buku lagi yang mereka buat berdua di Little Birds. Ini tempat yang menarik juga untuk membuat buku berupa ebook, karena anak-anak bisa merekam suara mereka. Kejadian lucu terjadi saat akan merekam suara mereka, antara yang ditulis dengan yang mereka ucapkan kadang berlainan (hhm.mm….seperti sedang membaca naskah mau main film saja hehehe). Kalau ingin membaca dan mendengar ebook mereka bisa klik gambar di bawah ini.

cover image

Buat teman-teman yang kebetulan membaca tulisan ini, minta saran kalau ada media bagus lainnya yang bisa dipakai untuk latihan membuat buku cerita untuk anak-anak. Terimakasih.

This entry was posted in Agenda Ramadan, Membuat Buku Cerita, Tantangan 30 Hari Klub Oase and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Hari 4: Membuat Buku Cerita Sendiri

  1. faridah says:

    bisa lebih jelas mba gmna cara bikin cover kaya gtu soalnya saya juga pngen …trims

    • miekehafidz says:

      Mba Farida coba login terlebih dahulu mixbook.com, di sana kita bisa memilih layout yang sudah disediakan atau kita juga bisa membuat layout sendiri sesuai dengan keinginan kita. Selamat mencoba ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s