Tantangan 30 Hari Klub OASE…..yuuuk ikutan!

Pertama kali baca judulnya bikin penasaran, apa sih kira-kira tantangannya? dan ketika selesai membaca keterangan dengan jeli langsung dengan mantap aku jawab…”Siaaap”. Tantangannya adalah  membuat foto dokumentasi anak selama 30 hari di bulan Agustus 2011. Tantangan ini pas banget buatku yang memang suka membuat dokumentasi kegiatan anak. Apalagi menampilkannya dalam bentuk kolase foto atau scrapbook. Wow….sukaaaa banget, memang sekarang lagi punya hobby baru otak-atik digital scrapbook. Kameraku hampir selalu siap sedia di meja, karena untuk mendapatkan moment yang pas atau candid buat anak-anak itu lumayan susah (apalagi untuk Maritza, kalau Aisya & Danish sudah biasa dengan hobby baru umminya yang suka jeprat-jepret.

Hal paling penting yang membuatku senang menerima tantangan ini karena banyak hal positif yang didapat dari kegiatan ini diantaranya menjalin kedekatan dengan anak-anak lebih intens (meluangkan waktu secara sadar untuk anak-anak sehingga jiwa dan raga kita benar-benar hadir untuk mereka), dokumentasi kegiatan sehari-hari mereka menjadi lebih rapi dan menarik (semoga ini menjadi salah satu kado spesial ketika mereka besar nanti), memperkaya ide dan kreativitas baik umminya maupun anak-anak, dan tempat untuk saling memberi dan memperoleh inspirasi dengan keluarga lainnya. Keterangan selengkapnya bisa di baca di website Klub Oase.

Screen Capture, http://www.kluboase.com

Anak-anak kemudian saya minta untuk menuliskan aktifitas harian apa saja yang ingin mereka lakukan di bulan agustus nanti. Aisya langsung menjawab “Puasa Ummi” ^_^. “Hehehe…yup betul nak….., maksud ummi selama puasa mau melakukan kegiatan apa saja?” akhirnya mereka mencoba membuat agenda harian. Aktifitas ini memang sengaja saya latih terus agar mereka nantinya terbiasa dan menjadi mandiri dalam menentukan aktifitas apa yang akan dikerjakan karena berdasarkan pengalaman anak-anak sempat bingung mau melakukan apa ketika liburan tiba (kebetulan sekarang sedang libur summer 2 bulan). Mereka terbiasa mengikuti ritme atau agenda gurunya selama di sekolah, jadi begitu tidak sekolah (liburan) seolah bingung mau melakukan apa. Ini pelajaran penting buatku untuk terus belajar bersama anak-anak menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Kegiatan ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, moga bisa mengisinya dengan kegiatan yang kreatif dengan nuansa Ramadhan di dalamnya (kebetulan 1 bulan yang lalu sudah posting tentang agenda ramadhan, moga konsisten dan makin semangaaaat) . Makasih klub Oase yang selalu berbagi ide belajar asyik, kreatif dan menyenangkan! Yuk….ayuk…ikutan teman ^_^

O..iya berikut ini beberapa link yang bisa dipakai untuk membuat digital scrapbook (thanks mbak Lala dan mbak Ekawati yang pakar scrapbook).

Dan masih banyak lagi.
This entry was posted in Tantangan 30 Hari Klub Oase and tagged , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Tantangan 30 Hari Klub OASE…..yuuuk ikutan!

  1. Dessy says:

    Sukses ya Mb Miek & anak2…kalau ada voting, saya pilih buatannya Mb Mieke..❤

    • miekehafidz says:

      Nggak ada voting mbak Dessy ^_^, makasih supportnya moga bisa konsisten membuat arsip kegiatan anak2. Nanti pesantren kilat anak-anak di SIN masuk dalam agenda ini juga🙂

  2. Lala says:

    Semakin semangat karena mbak Mieke ikutan. Aku membayangkan betapa menyenangkannya pertukaran ide yang akan terjadi. 😀

  3. Alma says:

    Mba…saya lagi seneng nih liat scrapbook digital orang2.Pengen blajar.Itu bisa miring2 pake apa ya mba?aku coba pake photoscape gak ada…kl boleh,tolong email yah…makasihhh
    Alma_yoeli@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s