Belajar Mengetik 10 Jari untuk Anak-Anak

Akhirnya harta karun link untuk anak-anak yang aku simpan 2 tahun yang lalu keluar juga (thanks to mbak Lala ). Link ini adalah tentang belajar mengetik dengan menggunakan 10 jari. Akhir-akhir ini Aisya semakin menikmati kegiatan mengisi blognya. Selama ini dia baru bisa mengetik menggunakan satu jari telunjuk sebelah kanan. Terkadang dia jadi agak malas melanjutkan ceritanya di blog karena memakan waktu cukup lama untuk mengetiknya. Padahal yang ingin dia ceritakan sangat banyak, jadi terkadang saya diminta Aisya untuk membantu mengetik sembari dia terus bercerita atau kadang dia berhenti dan meneruskannya lagi di hari lain, tapi seringkali mood berceritanya sudah tidak sama. (meskipun kegiatan menulis cerita di kertas juga dia lakukan). Kegiatan terakhir yang dia lakukan adalah mengetik ulang buku cerita pendek. Maka pas sekali momentnya untuk mengenalkan link ini. Bisa dilihat di blog Aisya di: http://aisyahafidz.blogspot.com/

Akhirnya saya coba menawarkan link ini ke Aisya, tadinya sempat ragu juga dia mau atau tidak. ” Mbak Aisya….ingin ngetik lebih cepat tidak?” tanyaku. ” Iya ummi….tapi gimana caranya? tanya Aisya. Saya berikan link game belajar mengetik dari BBC yaitu “Dance Mat Typing”.  Dan hasilnya…….ternyata Aisya cukup antusias dan menikmati proses belajar mengetik dengan menggunakan 10 jari. Mungkin di usianya yang 7 tahun sekarang ini jari-jari tangannya sudah cukup terampil dan bisa menjangkau beberapa tuts huruf, meskipun belum semuanya.

Hmm…..ini pelajaran juga buat umminya untuk tidak meragukan kemampuan seorang anak. Terkadang anak-anak lebih cepat mengerti daripada kita-kita yang sudah berumur ini hehehe……(jujur saya saja mengetiknya masih belum lihai). Perlahan-lahan Aisya mulai mengikuti irama dan gerak jari mengikuti teks yang harus diketiknya.

Danish juga ingin belajar mengetik seperti kakaknya. Enaknya begini mereka berdua saling mempengaruhi, maunya melakukan kegiatan yang sama saja.

Akhirnya setelah beberapa saat belajar Aisya bisa melewati level dasar atau menguasai huruf yang berada di bagian tengah keyboard yaitu huruf A, S, D, ….sampai tanda titik koma (;) tanpa harus melihat lagi ke keyboard.  Seperti permainan pada umumnya setelah berhasil melewati level dasar maka ada reward  yang mereka dapatkan berupa sertifikat seperti di bawah ini.

Di level selanjutnya mulai dikenalkan lagi secara bertahap untuk huruf-huruf yang berdekatan lainnya. Mereka sangat menikmati proses belajar mengetik ini dengan senang hati dan tanpa beban.  Sayapun ikut belajar bersama karena memang cara mengetik saya masih berantakan hehehe…. Selamat mencoba sekali lagi linknya bisa di klik di sini: http://www.bbc.co.uk/schools/typing/

This entry was posted in Belajar Mengetik and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s