Agenda Ramadan Bersama Anak-Anak.

Ramadhan akan segera tiba, moga Allah masih memberi umur untuk bisa merasakan bulan yang penuh berkah ini. Ada rasa resah dan was-was dalam hati, apakah anak-anak akan terkenang dengan suasana Ramadhan di sini? mengingat kita tinggal di negri orang yang tidak pernah merasakan hiruk pikuk atau gegap gempitanya bulan Ramadan seperti layaknya di tanah air tercinta. Sebagai salah satu solusinya adalah dengan menghidupkan suasana suka cita menyambut hadirnya bulan Ramadan di dalam rumah. Kami membuat agenda Ramadan bersama anak-anak, proses pembuatan agenda ini melibatkan langsung anak-anak sehingga anak-anak juga antusias dan tidak sabar ingin segera melakukan kegiatan yang mereka inginkan.

(Catatan: perlu diketahui puasa tahun ini bertepatan dengan musim panas, sehingga waktu siang lebih lama, waktu shubuh pukul 3.30 dini hari dan maghrib pukul 9.30 malam. Moga Allah memberi kemudahan dalam menjalankannya. Untuk anak-anak sendiri tidak puasa seperti orang dewasa, tapi momen ini tetap kami jadikan sebagai sarana latihan puasa yang bukanya mungkin bisa 2x atau 3x^_^, disesuaikan saja dengan kemampuan anak2. Yang terpenting bagi kami adalah anak-anak ikut merasakan nikmatnya bulan puasa ini).

Nah….sekarang kembali lagi ke soal agenda ramadan. Akhirnya ada beberapa kategori kegiatan yang berhasil kami agendakan diantaranya:

1. Bernyanyi bersama anak-anak dengan tema-tema lagu ramadan, anak-anak biasanya suka dan ilmu yang disampaikan lewat media ini cepat masuk. Anak-anak bernyanyi dengan riang gembira. Lagu-lagu yang sering kami nyanyikan adalah:

2. Melihat film dengan tema Ramadan

    • My First Fasting: Film ini sangat bagus, cerita dari anak usia 6 tahun tinggal di Canada. Dia menceritakan pengalaman pertamanya berpuasa.
3. eBook atau bacaan untuk memperkaya pengetahuan tentang bulan Ramadan.

Jurnal Muslim Kecil edisi Ramadan, Ramadan Berwarna dan Ramadan telah tiba.

4. Mengaji, iqra, menghapalkan surat-surat pendek dan latihan menulis huruf hijaiyah.

5. Craft Ramadan

Awalnya kami hanya ingin membuat agenda kegiatan terlebih dahulu, ternyata anak-anak sudah tidak sabar. Ketika sampai menyusun kegiatan pada kategori ini mereka langsung kabur sendiri-sendiri dan sibuk mencari bahan-bahan untuk dibuat prakarya. Dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini, sebagian besar hasil imajinasi mereka sendiri. 

Sedangkan untuk banner Ramadan ini idenya kami peroleh dari link yang sudah saya berikan di atas.

Banner Ramadan

6. Membuat buku cerita sendiri dengan tema Ramadan:

Project ini sangat menarik dan menjadi tantangan sendiri buat anak-anak. Mereka bisa menggambar sendiri dalam kertas biasa kemudian menambahkan cerita di dalamnya. Bisa juga menggunakan Little Bird Tales sebagai media menarik membuat eBook, atau bisa juga mengunakan gambar dari Creative Kids sebagai salah satu bahan membuat buku cerita.

Sebagian gambar-gambar untuk membuat buku cerita.

7. Membuat Lapbook tentang Ramadan:

Lapbook merupakan salah satu alternatif  untuk mempelajari suatu topik dengan menarik. Bahan-bahan untuk membuat lapbook bisa didapatkan di sini:

  1. Ramadan Lapbook
  2. Raising Muslim: Ramadan Lapbook

Sebagian bahan-bahan untuk membuat Lapbook Ramadan, saya dapatkan dari: http://raisingmuslims.wordpress.com

8. Ramadan Coloring Pages. 

Berikut gambar-gambar dengan tema ramdan yang bisa diwarnai oleh anak-anak

Selamat membuat agenda ramadan juga buat teman-teman semua, semoga Allah memudahkan kita dalam menjalankan ibadah puasa nanti, amin.
This entry was posted in Agenda Ramadan and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Agenda Ramadan Bersama Anak-Anak.

  1. Roudhotul khikmah says:

    agenda yang bagus bunda, kami jadi terinspirasi tuk membuatnya juga. gimana ya carannya bisa dapat video film “My first Fast” .

  2. Pingback: Tantangan 30 Hari Klub OASE…..yuuuk ikutan! | Ruang Belajarku

  3. Pingback: Hari 2: Membuat Lapbook Ramadhan | Ruang Belajarku

  4. Inne says:

    Aktivitas yg bagus sekali untuk anak-anak menjalani Ramadhan, inspiratif…makasih juga link videonya aku kasih liat anak-anakku juga

  5. miekehafidz says:

    Sama-sama mbak Inne. Aku sama anak-anak juga suka lihat video ini :)

  6. dini says:

    inspiratif banget Mbak. trimakasih yaaa, semoga Allah yang membalasnya :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s